Home » Berita Utama » Sambutan Ust Arief Kepada Wakil Menteri Agama RI Dalam Acara Nikah Massal Muallaf
322 views

Sambutan Ust Arief Kepada Wakil Menteri Agama RI Dalam Acara Nikah Massal Muallaf

Assalamu’alaikum Wr.Wb.

Bismillah Alhamdulillah wassholaatu wassalaamu ’alaa rosuulillaah wa’alaa aalihi washohbihi waman waalaah laa haula walaa quwwata illaa billaah. a’udzubillahi minas-syaithonirrojim bismillahirrohmanirrohim subhanaka laa ‘ilma lanaa illaa maa ’allam tanaa innaka antal ‘aliimul hakiim. Amma ba’du.

Bapak  Prof. Dr. H. Nasaruddin Umar, MA, Wakil Menteri Agama Republik Indonesia yang saya hormati.

Bapak Drs. H. Bere Ali, Assisten III  Pemprov Kaltim yang saya hormati.

Bapak Ismael Thomas, SH, M.Si,  Bupati Kutai Barat yang saya hormati.

Bapak H. Didik Effendi, S.Sos, Wakil Bupati Kutai Barat yang saya hormati.

Yang terhormat Para ‘alim ulama, para pejabat pemerintah, yang hadir,  di bumi Assalam.  Para tamu undangan, Wabil khusus mempelai atau peserta nikah massal dan anak-anakku sekalian,

Hadirin walhadirot yang berbahagia !

Alhmdulilah sebuah rasa syukur yang amat sangat dalam. Syukur yang amat sangat dalam, bagi kami warga  Pondok Assalam, telah ada dihadapan kita sosok insan yang beriman, bisa hadir di majelis bumi Assalam ini, dan yang pertama kali pejabat pusat adalah bapak Prof. Dr. H. Nasaruddin Umar, MA selamat datang Ahlan Wasahlan bihudlurikum saya sampaikan, bapak Profesor Alhamdulillah Was-syukrulillah.

Agenda event  akbar ini didukung penuh oleh bapak Bupati Kutai Barat, alhmdulillah saya ucapkan terimakasih yang sedalam-dalamnya pada Bapak Bupati yang begitu simpatik menyambut kami dan mendukung event ini, semoga senantiasa diberkati oleh Tuhan yang Maha Kuasa.

Bapak Profesor dan hadirin semua yang saya hormati.

Event  Assalam dalam  rangka dakwah sering  kali diadakan di samping agenda Nikah Massal di antaranya  harlah (hari lahir Assalam), Assalam lahir tahun 1992 yaitu tepat pada bulan Romadhon, disini dulu hutan wakaf dari seorang warga Transmigrasi dari Kuningan Jawa Barat yang sudah ditinggal berpuluh-puluh tahun. Berupa hutan dan dikelilingi anak sungai  pada bulan Romadhon ditebang dan ditebas menjadi sebuah Pondok Pesantren Assalam. Perjalanan Assalam hingga sekarang sudah 22 tahun Alhamdulillah segala onak dan duri, ranjau-ranjau yang menghadang, kerikil-kerikil tajam, hempasan badai yang membumbung tinggipun bisa dilalui dengan penuh ketabahan dan kesabaran oleh lembaga ini semua tentu atas bantuan dan pertolongan Allah SWT. Oleh karenanya dengan segala   kelemahan, katerbatasan, dan keprihatinannya, Assalam sekarang sudah mempunyai kurang lebih 500 santri, dari berbagai pendidikan mulai Playgroup, SD Kreatif Cendekia, Madrasah Diniyyah, Madarasah Ibtidaiyyah, Madrasah Tsanawiyyah, Madrasah Aliyyah  dan bahkan Assalam mempunyai kader yang ada di Pesantren Gontor, beberapa Tahfidz Qur’an di Jawa, dan di Al-Azhar University Cairo Mesir. Dan Assalam akan meneruskan kader-kader ini ke berbagai Perguruan tinggi di Timur Tengah dan Alhamdulillah  sudah dijalani mulai 5 tahun yang lalu. Kader-kader  itulah  Insya Allah yang akan mengemban amanat umat. Assalam tetap berkomitmen mendukung program  Pemkab, Pemprov, dan Pemerintah Pusat  dalam rangka menuju li l’laai kalimatilah,  berkah untuk kita semua, berkah untuk umat Islam, berkah untuk umat manusia, dan berkah untuk Pondok Assalam.

Bapak Profesor serta hadirin semua yang saya muliakan.

Memang perjalanan Assalam senantiasa banyak kelemahan, modalnya hanya modal semangat & sungguh-sungguh, dalam bahasa yang biasa saya sampaikan “Yaa ayyuhal ladziina aamanuu intansurullaaha yanshurkum wayutsabbits aqdaamakum, (Wahai orang-orang yang beriman, jika kamu menolong agama Allah, niscaya Dia akan menolongmu dan meneguhkan kedudukanmu, QS Muhammad ayat 7). Waqoola aidlon : Waman yattaqillaha yaj’allahu makhrojan wayarzuqhu min haitsu laayahtasib ; (Barangsiapa yang bertakwa kepada Allah niscaya Dia akan mengadakan baginya jalan keluar. Dan memberinya rezeki yang tidak disangka-sangka QS At-Talaq 2 & 3)…..!”Jadi Bapak Profesor nanti mohon  memberikan taushiah dan motivasi kepada kami supaya tetap semangat . Modal semangat dan sungguh-sungguh inilah!  Tuhan yang maha kuasa memberikan keberkahan kepada Assalam, oleh karenanya lewat event yang mulia  ini, Bapak Bupati turut serta mendukung, dan saya yakin Bapak Gubernur nanti pun juga akan mendukung sesudah event acara ini, dan saya yakin dukungan bapak-bapak kita baik dari Pemprov, dari Pemkab, maupun Pusat senantiasa kita mohon kepada Allah ta’ala keberkahannya untuk lembaga ini.  Perjalanan Assalam dengan segala kelemahannya bapak bisa lihat asramanya, kalau orang kaya bilang asrmanya Pondok Pesantren Assalam kayak  kandang sapi dan sudah berumur 20 belum direnovasi dan terbuat dari kayu apa adanya Alhamdulillah, walau sudah agak reyot atau kurang layak huni . Tapi semangatnya anak-anak kita! luar biasa, saya yakin dengn semangat yang luar biasa itu bisa ditumbuhkan dengan bangunan yang luar biasa pula!. Saya yakin Bapak Bupati, Bapak Gubernur, atau Bapak Wakil Menteri bisa memberikan perhatian kepada lembaga  ini sebagai saksi adalah setelah bapak-bapak baru saja meletakkan batu pertama pembangunan asrama tersebut, semoga sehingga dukungan pemerintah berjalan dengan baik dan juga aman dan lancar.

Bapak Profesor dan hadirin wal hadirat sekalian yang saya hormati.

Pondok Assalam adalah sebuah lembaga perjuangan yang bergerak di bidang pendidikan, dakwah, sosial, dan ekonomi dan tidak bergerak di bidang politik. Bidang pendidikan : Assalam telah menyelenggarakan pendidikan dari tingkat playgroup hingga kaderisasi sebagaimana yang saya ungkapkan di atas. Bidang Dakwah : Assalam setiap hari beberapa kader dakwah keliling ke beberapa titik binaan serta secara rutin & sering kali menyelenggarakan acara khitanan missal, qurban, santunan Idul Fitri, road show dakwah ke titik binaan di pedalaman Mahakam hulu, pengobatan gratis dll . Bidang Sosial : Assalam telah mempunyai anak asuh di bawah naungan Panti Asuhan Mustadlafin Assalam lebih kurang 150 para dhuafa dan santri mereka semuanya tinggal di komplek Pesantren serta ratusan santri yang belajar di sini  tidak dipungut biaya sepeserpun Bahkan sebagian di antara mereka mendapatkan beasiswa, ini semua Assalam tetap bekerja sama dengan berbagai lembaga yang peduli baik pemerintah maupun swasta. Kemudian Ekonomi : Assalam telah memiliki Koppontren, Baitul Maal Wat-Tamwil, sector perkebunan, peternakan dll sebagaimana yang saya ungkapkan di atas,  Oleh karena anak-anak Assalam harus mandiri lahirnya anak-anak Assalam! keluar nanti tidak hanya bisa membaca do’a saja!, atau ngaji saja! tapi harus bisa mandiri oleh karenanya ada program-progam ekonomi. Assalam punya asset dan pengembangan, itu semua prioritas untuk santri dan pondok itu sendiri, para santri harus menjadi  anak yang mandiri, mandiri, dan mandiri. Berkiprah khoirunnas anfa’uhum linnas (Sebaik-baiknya manusia adalah yang bisa bermanfaat bagi orang lain), tentunya bagi santri harus bisa bermanfaat untuk dirinya, keluarga dan masyarakat.

Bapak Profesor beserta bapak-bapak  tamu undangan yang saya hormati.

Beginilah dengan kelemahan dan keterbatasannya, 22 tahun perjalanan Assalam, event nikah  ini merupakan event dakwah yang kelima kalinya, harapan Assalam kepada peserta nikah, senantiasa benar-benar mendapatkan berkah untuk keluarganya, dan juga berkah untuk yang lainnya. Dan untuk juga para hadirin wabil khusus para wali santri jangan cemas dan jangan ragu Insya Allah Pondok Assalam akan mengawal pendidikan mulai dari pendidikan dasar sampai pendidikan tinggi, dan kader-kader Assalam sungguh dengan modal semangat ini insya Allah bisa menjadi pemimpin di masyarakat pada masa yang akan datang termasuk bisa menjaga hubungan silaturrahim dan kerjasama yang baik dengan semua pihak baik Pemerintah Kabupaten, Pemprov maupun Pusat terutama bidang mental spiritual, sehingga semuanya akan mendapatkan keberkahan, perlindungan, pengayoman dan ridho Allah SWT.

Bapak Profesor dan beserta tamu undangan yang saya hormati.

Demikian sekilas muqaddimah dan sambutan yang bisa saya sampaikan. Selabihnya saya serahkan sepenuhnya, mohon dukungan, mohon arahan, mohon bimbingan agar supaya perjalanan Assalam ini benar-benar mendapat berkah untuk semua. Terus terang saja, Manhaj Assalam adalah manhaj walisongo, kami bergerak dalam dakwah, tidak bergerak dalam hal yang menyangkut kekerasan. Bapak-bapak boleh lihat dalam perjalanan anak-anak kita tiap hari pagi, siang, sore, dan malam hanya ngaji, sekolah, ngaji, qiyamullail, puasa senin kemis dan etos kerja. Etos kerja selalu kami tanamkan agar supaya mereka nanti dewasa  bisa bermanfaat untuk masyarakatnya. Assalam walau sudah 22 tahun terus belajar dengan bekerjasama dengan berbagai element, termasuk kerjasama pendidikn dengan SPA Jogjakarta , kerjasama dakwah dengan  Pesatren Darunnajah Jakarta, kerjasama kepesantrenan dengan Pesantren Gontor, dan kerjasama tentang media dengan Berkah TV Bogor serta kerjasama di bidang ekonomi dengan Tazkia  lembaga milik Prof Syafi’i Antonio yang di Bogor itu. Itu semuanya dalam rangka belajar, belajar dan belajar agar supaya anak-anak Assalam terjun ke masyarakat nanti tidak hanya bisa ngaji, tapi juga bermanfaat untuk masyarakat.

Terakhir saya sampaikan kepada semua pihak baik secara personil maupun institusi yang turut serta mensukseskan event mulia & penuh keberkahan ini ucapan terima kasih yang sedalam-dalamnya semoga sumbangsih Bapak/Ibu/Sdr moril, materiil & spiritual tsb senantiasa dicatat sebagai amal sholeh & dilipat gandakan pahalanya oelh Allah SWT, teriring doa : Jazaakumullahu khairati wa-sa’adatid dunya wal akhirah, amin 3x

Wal ‘afwu minkum. Aqulu qouli hadza fastaghfirullah. Innalloha ghofurur rahiim
Wassalamualaikum Wr. Wb,

Sendawar , 4 Februari  2014
Pimpinan Pondok Pesantren Assalam
KH. Arief Heri Setyawan