fbpx
Home » Galeri Foto » Praktek Berkebun Santri Assalam
244 views

Praktek Berkebun Santri Assalam

Pagi seusai mengaji bersama bada subuh, sebelum persiapan berangkat sekolah para santri melakukan kegiatan rutin sesuai pembagian tugas masing-masing. Ada yang menyapu membersihkan asrama, mengepel lantai, membersihkan halaman Pesantren, membersihkan Mesjid dan Berkebun.

Berkebun adalah salah satu kegiatan rutin memanfaatkan waktu luang, para santri diberdayakan untuk belajar bercocok tanam yang baik, mengolah lahan yang subur dan nantinya menjadi bekal keahlian khusus dibidang perkebunan. Saat ini para santri masih dalam belajar menanam sayur-sayuran untuk konsumsi sendiri. Namun demikian kedepan dengan semakin bertambahnya jumlah santri diharapkan perkebunan ini bisa tumbuh lebih besar, maju dan berkah.

Untuk kendala yang sering kali menghambat jalannya proses pendidikan adalah kurangnya tenaga ahli yang dapat mendampingi para santri belajar di kebun. Sehingga potensi yang ada kurang maksimal, selain SDM yang mumpuni untuk pengelolaan dan perawatan dibutuhkan setidaknya biaya oprasional yang tidak sedikit. Namun hal tersebut tidak menghalangi para santri untuk belajar mandiri. Alhamdulillah mereka terus semangat dan belajar.