fbpx
Home » Berita Utama » Sempol Tahu dan Caffenee Santree Putri PP. Assalam – Tata Boga
74 views

Sempol Tahu dan Caffenee Santree Putri PP. Assalam – Tata Boga

Sempol adalah jajanan sejenis gorengan yang bebahan dasar tepung tapioka (aci) dengan varian rasa ikan atau ayam. Cara membuatnya, adonan tepung, bumbu dan ikan/ayam di jadikan satu kemudian dibentuk dengan bentuk lonjong, direbus, kemudian digoreng. Sebelum digoreng dicelupkan kedalam kocokan telur agar teksturnya garing dan renyah. Sempol biasanya dimakan dengan saus, bubuk cabai atau dengan sambal kacang.

Di pondok pesantren Assalam santri putri berkreasi dengan menu sempol ini dalam kegiatan tata boga. Yang unik adalah para santri membuat adonan sempol tidak dengan ikan atau ayam melainkan dengan tahu. Sehingga rasa sempol ini jadi berbeda dan unik dari sempol lainnya, tapi tetap mempunyai rasa yang enak. Kegiatan Tata Boga ini dilakukan setiap hari jum’at. Menu yang sudah dimasak oleh santriyah petugas tata boga akan dijual kepada santriyah yang lainnya di Caffenee santree yang buka setiap hari jum’at. Alhamdulillah menu sempol tahu bisa menjadi salah satu menu yang banyak disukai oleh para santri karena harganya yang murah dan rasanya yang enak.

Caffenee santree putri buka satu minggu sekali satiap hari jum’at khusus untuk kalangan santriyah. Kegiatan ini dibimbing oleh ustadzah dan bertujuan untuk mengembangkan kreativitas santriyah dalam seni memasak dan berwirausaha, juga sebagai refreshing bagi santriyah di hari libur sekolah. Selain jajanan sempol tahu, masih ada juga beberapa menu jajanan dan juga minuman lainnya yang tersedia untuk para santriyah dan selalu ada kreasi menu baru yang dibuat setiap minggunya.

Semoga kegiatan tata boga ini dapat selalu membawa kebaikan dan keberkahan. Aamiin