Home » Berita Utama » Cara Santri Assalam Meramaikan Tahun Baru Islam 1437 H
1.247 views

Cara Santri Assalam Meramaikan Tahun Baru Islam 1437 H

Rombongan Santri Putri Assalam Melalui momentum Tahun baru Islam. Kembali Pondok Pesan     tren Assalam menggelar Syiar Dakwah keberbagai daerah, khususnya sekitar Pondok. Tapi bukan dalam bentuk pengajian, atau Tabligh Akbar. Melainkan dalam bentuk pawai besar-besaran dengan kerjasama beberapa lembaga Islam dan lembaga Pendidikan, juga melibatkan para wali santri.

Dalam rangka menyambut Tahun baru Islam 1437 H ini seluruh santri putra khususnya dan dibantu dewan guru melakukan berbagai macam persiapan. Ada yang membersihkan lapangan, mencari bambu, menghias mobil dan lain sebagainya.

Sore hari, menjelang sholat maghrib. Seluruh santri berkumpul di mesjid untuk pembacaan doa akhir tahun, yang dipimpin oleh Ust Moh Yaqub S.pd.I. sebelum berdoa beliau menyampaikan dengan penuh semangat didepan seluruh santri ” kita telah berada dipenghujung tahun dan akan memasuki tahun baru. Mari kita berdoa bersama dengan harapan agar kita mengakhiri tahun ini dengan khusnul khotimah, dan juga ditahun depan kita berharap semoga bisa menjadi lebih baik lagi, lebih maksimal lagi dalam beribadah, belajar, berlatih, dan berprestasi”.

Kemudian, doa awal tahun dilanjutkan setelah sholat maghrib. Yang langsung dipimpin oleh pimpinan dan pengasuh Pondok Pesantren Assalam, KH Arief Hery Setyawan. Doa bersama berlangsun hingga jelang sholat isya. Setelah sholat isya, seluruh santri berkumpul bersama didepan aula untuk melihat video sejarah perjalanan hidup Nabi Muhammad saw.

Keesokan harinya. tanggal 14 Oktober bertepatan dengan tanggal 1 Muharrom 1437H. Semua lembaga yang berada dibawah naungan Yayasan Pondok Pesantren Assalam, dan juga beberapa lembaga lainnya ikut meramaikan pawai keliling yang diadakan untuk memperingati Tahun baru Islam. “Mari kita perlihatkan kepada suku dayak, pada masyarakat non muslim Kutai Barat, bahwa Islam dipedalaman Kutai Barat benar-benar ada, benar-benar solid dan kompak”. Ujar Ust Moh Yaqub.

Pawai pada tahun ini diramaikan oleh 92 mobil dari peserta pawai, 2 mobil dari Polres Kubar, dan 1 ambulance. Dan lembaga yang ikut serta meramaikan acara ini adalah Semua lembaga yang berada dibawah naungan Yayasan Pondok Pesantren Assalam, meliputi Tk Kreatif Cendekia, SDIT Cendekia, MI, MTs, MA Subulussalam, kemudian juga lembaga lainnya seperti Yayasan Al-Hikmah, Masjid at Taqwa Arya Kemuning, Masjid Sumberbangun, SAS Kubar, dan Tk Kreatif Cendekia sebagai Tuan Rumah pada acara pawai Tahun ini.

Diakhir acara, setelah pawai sejauh kurang lebih 60 KM, Panitia juga mengadakan doprize bagi-bagi hadiah. Panitia juga menambahkan bahwa “harapan kita kedepan semoga ukhuwah kita semakin kuat dan terjalin kerjasama yang baik. Dan lewat pergantian tahun ini, juga membawa semangat baru”.

 Deretan Pawai Muharram 1437 H Saat Keluar Dari Pondok  Deretan Pawai Muharram 1437 H Rombongan Santri Putra PP AssalamMenghias Mobil