Home » Berita Utama » PENYERAHAN SANTUNAN LEBARAN 1437H/2016M SANTRI DAN MUALLAF
292 views

PENYERAHAN SANTUNAN LEBARAN 1437H/2016M SANTRI DAN MUALLAF

Jelang hari Raya ‘Idul Fitri rombongan Muallaf beberapa kampung yang masih belum memiliki Mesjid berdatangan ke Pondok Pesantren Assalam untuk melaksanakan Sholat Id bersama di Pondok. Kegiatan rutin tahunan ini bertujuan agar ukhuwah terus terjalin dan sama-sama bisa merayakan hari Raya ‘Id bersama.

Kegembiraan ini terasa lengkap mana kala bisa berbagi bingkisan lebaran kepada para Muallaf dan santri, karena bagi mereka bingkisan itu merupakan berkah dan hadiah terindah di malam kemenangan setelah sebulan penuh berpuasa.  Tidak perlu mewah dan banyak, meski hanya sebuah peci, selembar sarung, jilbab, dan sendal jepit untuk masing-masing Muallaf dan baju jubah putih untuk para santri putra dan putri senyum gembira, haru dan suka cita tergambar jelas di wajah mereka.

iring-iringan teriakan Takbir, Tahmid dan Tahlil melengkapi rasa haru pada malam ‘Id, rasa syukur dan gembira yang tidak dapat digambarkan dengan kata-kata. Sepanjang malam para santri meneriakkan Takbir di Mesjid. keesokapan paginya acara ramah tamah ba’da subuh sekaligus penyerahan santunan bingkisan lebaran untuk para Muallaf yang sudah berdatangan ke Pondok sejak hari sebelumnya.

Tahun ini tidak banyak yang datang ke Pondok, jumlahnya hanya sekitar tiga ratus jamaah, karena beberapa kampung yang lain, Alhamdulillah sudah bisa melaksanakan sholat ‘Id di kampung masing-masing, dan dari Assalam mengirim 8 Da’i yang disebar kedelapan Kampung yang berbeda. yang pada sebelumnya juga beberapa Ust dikirim untuk meramaikan Ramadhan pada tahun ini dengan safari Ramadhan ke beberapa Kampung di KUBAR dan beberapa Kota di KALTIM, seperti Samarinda, Sanga sanga, Balikpapan, Bontang dan Sangata.