fbpx
Home » Galeri Foto » Hari Batik Nasional
89 views

Hari Batik Nasional

Batik merupakan ciri khas budaya Indonesia. Ciri yang melambangkan keanekaragaman dan kesenian dari setiap masing-masing daerah ini menghasilkan banyak ragam budaya.

Di Pesantren Assalam setiap hari Rabu dan Kamis, para guru dan santri mengenakan seragam batik untuk kegiatan sekolah formal. Hal ini dilakukan sebagai bentuk kecintaan terhadap budaya yang ada ditanah air dan menunjukkan bahwa Pesantren adalah bagian dari Negeri ini.

Sejarah Hari Batik Nasional bermula saat batik diakui pada sidang keempat Komite Antar-Pemerintah tentang Warisan Budaya Tak-benda yang diselenggarakan UNESCO di Abu Dhabi pada 2 Oktober 2009. Pada sidang tersebut batik resmi terdaftar sebagai Karya Agung Budaya Lisan dan Tak Benda Warisan Manusia di UNESCO. Sebelumnya selain batik, UNESCO juga sudah mengakui keris dan wayang sebagai Karya Agung Budaya Lisan dan Tak Benda Warisan Manusia

Pengakuan UNESCO ini yang kemudian mendasari pemerintah Indonesia menetapkan tanggal 2 Oktober sebagaiĀ  Hari Batik Nasional. Karena pada 2 Oktober itulah menurut M. Nuh yang saat itu menjabat sebagai Menteri Ad-Interim Kebudayaan dan Pariwisata (Budpar) batik diakui secara internasional dalam sebuah sidang terbuka. (baca selengkapnya di detik.com)